Rehat  

Berkerjasama dengan Dosen MSP dan Ecoton Mahasiswa KKN-T 106 UTM Adakan Sosialisasi Menjaga Kebersihan Pantai

M. Rizal Zunianto
Sosialisasi Menjaga Kebersihan Pantai

18 Juni 2022, Bangkalan

Dengan mengusung tema lingkungan yaitu “Sosialisasi Menjaga Kebersihan Pantai Terhadap Potensi Mikroplastik Pada Tangkapan Nelayan Desa Tajungan, Kamal.”  Desa Tajungan di Kecamatan Kamal Bangkalan merupakan desa pesisir dan mayoritas penduduknya berkerja sebagai nelayan. Tangkapan ikan yang didapatkan tergantung musim. Masyarakat desa Tajungan terbiasa membuang sampah ke laut sehingga membuat perairan menjadi kotor dan berpotensi adanya mikroplastik.

Program kerja ini berkerjasama dengan dosen MSP yaitu bapak Abdus Salam Junaedi sebagai pemateri utama dan juga mahasiswa magang dari Ecoton sebagai pemateri kedua. Kegiatan ini mengundang warga desa sekitar 15 orang. Rundown acara dari sosialisasi yaitu pemaparan materi dari Bapak Abdu dilanjutkan dengan pemaparan materi dari mahasiswa magang ecoton. Sosialisasi tidak hanya pemaparan materi saja tetapi juga masyarakat diajak melihat langsung bagaimana bentukan dari mikroplastik.

Sosialisasi Menjaga Kebersihan

Sosialisasi mikroplastik ini disambut baik oleh masyarakat sekitar dan warga antusias dalam menghadiri acara tersebut. Harapan dari program kerja ini yaitu masyarakat desa Tajungan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dari sampah plastik. Sampah plastik yang dibuang ke daerah perairan lama kelamaan akan terdegradasi menjadi mikroplastik yang sangat berbahaya apabila termakan oleh ikan dan ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia. Mikroplastik adalah partikel plastik yang berukuran <5mm. Bentuk dari mikroplastik ini bisa berupa film, fiber, fragmen dan pellet.

Baca Juga :  5 Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar Untuk Persiapan Idhul Adha 2022
Penulis: Umi Novita FauziyahEditor: M. Rizal Zunianto