News  

Cegah Banjir Dengan Mahasiswa Produktif

M. Rizal Zunianto
IMG-20220130-WA0009

Awal tahun baru tanggal 2 – 3 Januari 2022 kampus Ahmad Yani Universitas Nahdlatul Ulama Blitar mahasiswa – mahasiswi Teknik Sipil manfaatkan hari libur dengan program pembuatan biopori.

Melihat sering terjadinya genangan berlebihan ketika curah hujan tinggi dirasakan oleh seluruh mahasiswa dan seluruh yang beraktifitas dikampus. Setelah dirasakan seluruhnya program studi Sipil kreatif pembuatan Bak Kontrol, Sumur Resapan, dan Biopori.

“Program Biopori ini untuk implementasi dari ilmu pengetahuan dari bangku perkuliahan, memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah, dan menciptakan lingkungan kampus yang sehat dengan tidak adanya genangan air ketika musim penghujan.” Ujar Fachul Iga. Sesuai pernyataan tersebut Bupati Himpunan berharap program ini sebagai media pengaplikasian materi dari bangku perkuliahan dan tidak terjadi banjir ketika musim penghujan.

Selasai kegiatan menunggu waktu kering Beton pada tanggal 29-30 Januari 2022 pelaksanaan fishing yang dihadiri seluruh mahasiswa angkatan 2020 untuk merapikan maupun menambahkan. Menurut ketua panitia, Renita Dwi Arini Pengerjaan program menggunakan alat pribadi karena fasilitas inisiatif dari masing-masing mahasiswa.

Hasil wawancara ketua pelaksana mendapatkan bahwa fasilitas serba ada yang menunjukkan solidaritas mahasiswa. Kerjasama antar mahasiswa terlaksanaan sangat baik.

Meskipun dalam pelaksanaan turun hujan deras semangat pelaksanaan seluruh mahasiswa – mahasiswi bersangkutan tidak terpatahkan.

Penanggung Jawab (PJ) Kaprodi, Chairumin Alfin melimpahkan kesempatan khususnya mahasiswa angkatan tahun 2020 sebagai panitia kegiatan dan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) yang dibantu dengan seluruh mahasiswa Teknik Sipil.

Mahasiswa teknik Sipil memanfaatkan waktu luang sangat baik. Waktu libur yang biasa digunakan sebagai hamburkan saat-saat. Jarang sekali ditemukan mahasiswa liburan dengan kegiatan produktif, inovatif, dan kreatif seperti kali ini.

Baca Juga :  PCNU Kabupaten Blitar Rilis Logo Konfercab ke 18, Berikut Filosofinya

Menurut Penggung Jawab (PJ) Dekan Fakultas Ilmu Eksakta (FIE), Muhammad Helmi Hakim kreativitas mahasiswa semoga dapat menjadi contoh yang baik dan memotivasi kepedulian mahasiswa terhadap himpunan. Melihat hal tersebut Muhammad Hilmi Hakim mengapresiasi untuk para mahasiswa.

Pelaksanaan dengan solidaritas para mahasiswa yang aktif kepedulian sangat diperlukan. Program ini sangat bagus untuk para mahasiswa peduli kampus dan pemanfaatan liburan dengan baik.