Diklatama, Cara IPNU IPPNU Talun Tingkatkan Komitmen Kader

Diklatama

Talun, Media NU Blitar
Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Talun menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) ke-VI. Kegiatan dipusatkan di SDN Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jum’at-Ahad (13-15/01/2023).

Ketua PAC IPNU Kecamatan Talun, Taufiq Asyhari mengungkapkan, Diklatama merupakan proses kaderisasi yang memiliki sasaran untuk memperkenalkan organisasi IPNU-IPPNU secara umum serta CBP-KPP secara khusus kepada anggota baru untuk membangun komitmen dan karakter kader.

“CBP dan KPP merupakan lembaga badan semi otonom yang berada dalam naungan IPNU IPPNU. untuk itu, lembaga ini secara khusus melatih skill kader dalam hal yang bersifat lapangan,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan Diklatama yang digelar selama tiga hari tersebut sangat potensial. Pasalnya, selain melatih fisik dan mental, kegiatan tersebut diimbui pemaparan sejumlah materi meliputi, materi ke-Aswajaan, IPNU-IPPNU, Kepemimpinan dan Organisasi, Wawasan Kebangsaan (Wasbang), CBP-KPP, serta materi Pencak Silat.

“Selain itu, disampaikan pula materi PBB, PPGD, SAR, Komunikasi dan kerjasama, dan yang paling utama dalam kegiatan tersebut adalah materi tentang orientasi alam,” terang Taufiq.

Senada dengan Taufiq Asyhari, Ketua Pelaksana Diklatama, Yusuf Santoso menuturkan, kegiatan Diklatama tersebut bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat anggota. Dijelaskannya, ada empat fokus utama CBP-KPP pada kegiatan Diklatama tersebut.

“Oleh karena itu, pada tema diklatama saat ini yaitu mendidik anggota responsif menuju kader luar biasa, pada kesempatan yang baik ini saya berharap tema yang diusung tidak sekadar formalitas semata, akan tetapi harus benar-benar dihayati dan diterapkan,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan digelarnya Diklatama tersebut memiliki jiwa yang tangguh serta responsif terhadap perkembangan di era saat ini, serta dapat menjalin kerjasama yang harmonis.

Baca Juga :  Desa Serang Gandeng UNU Blitar untuk Wujudkan Program Satu RT Satu Sarjana

Dalam pantauan Media NU Blitar, dalam kegiatan Diklatama tersebut sejumlah peserta sangat antusias, solid serta khidmat. Bahu-membahu, dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti 19 peserta delegasi dari sejumlah kader Pimpinan Ranting (PR) se-kecamatan Talun.