News  

Mahasiswa UNU Blitar Wujudkan Peradaban Produktif dengan Jurnalis

M. Rizal Zunianto
IMG_20220219_151721

Garum, Media NU Blitar

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhanu Tirta Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang berpusat di Desa Kebonsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Sabtu (19/02/2022).

Dengan diikuti dua puluh empat orang, kegiatan PJTD ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari UNU Blitar saja, akan tetapi juga dari kampus lain yaitu LPM Aksara, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan LPM Freedom, Universitas Islam Balitar (Unisba).

Ahmad Nurdiansyah Wahid, Pimpinan Umum (PU) LPM Bhanu Tirta mengungkapkan tujuan diadakannya PJTD ini untuk mewadahi mahasiswa, khususnya mahasiswa UNU Blitar yang senang dengan dunia literasi dan diharapkan mereka membuat gebrakan baru dalam literasi nantinya. Bertajuk “Gebrakan Jurnalis Wujudkan Peradaban Produktif”  ini merupakan PJTD perdana LPM Bhanu Tirta, tema ini mengandung arti sebagai jurnalis harus produktif dalam menulis.

IMG 20220219 091315 scaled

“Karena kita sudah memasuki abad ke-21 revolusi 5.0, Indonesia dijuluki sebagai negara yang masih sangat minim literasi,” tuturnya.

Meski PJTD ini masih perdana di LPM Bhanu Tirta, tetapi banyak sekali memberikan materi berbobot kepada peserta PJTD yang nantinya bisa diterapkan pada kampusnya masing-masing. Materi seperti teknik penulisan berita, analisis kritis, pengenalan tentang Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), Mading dan Sejarah singkat Bhanu Tirta.

“Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang pengenalan jurnalistik, wawancara dan nantinya akan diberikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk menindaklanjuti kegiatan PJTD dengan materi yang telah diberikan,” ujar Fitroh Yuvita Sari, Sekretaris Pelaksana PJTD.

Tujuan dari adanya LPM di kampus adalah sebagai wadah jurnalis untuk mahasiswa yang ada di kampusnya masing-masing untuk menyuarakan suaranya sebagai seorang mahasiswa. Kegiatan yang biasanya diadakan di LPM Bhanu Tirta adalah diskusi, bedah buku, menulis berita, meliput acara-acara yang ada di UNU Blitar.

Baca Juga :  Cegah Banjir Dengan Mahasiswa Produktif

“Harapan biar ada nanti yang meneruskan perjuangan dari teman-teman LPM. Mengadakan PJTD untuk regenerasi yang nantinya meneruskan kepengurusan saat ini,” tutur Fitroh.

Walaupun LPM Bhanu Tirta masih berumur sekitar tiga tahun, tetapi akan terus berusaha belajar mencetak kader LPM yang handal dan produktif dalam jurnalistik seperti tema pada PJTD kali ini.

Kegiatan PJTD ditutup dengan acara nonton bareng (Nobar) dan diskusi bersama PPMI Dewan Kota Tulungagung. Film yang ditonton adalah “Spotlight” dengan pemantik Riski Fadila, Pimpinan Umum LPM Laun, Ibnu Fauzi,Pimpinan Umum LPM Freedom, dan Nurdiansyah Wahid, Pimpinan Umum LPM Bhanu Tirta.