Tangis serta Takbir Iringi Pemakaman KH Azizi Hasbullah

Pransiska Anggraeni
KH AZIZI HASBULLAH

Selopuro, Media NU Blitar
Jenazah Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Azizi Hasbullah dikebumikan di satu kompleks bersama dengan KH Dimyati Hasbullah, Dusun Kasim, Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Ahad (21/05/2023) malam. Seketika tangis haru dan kumandang masyarakat iringi pemakaman.

 Dalam pantauan Media NU Blitar, ribuan nahdliyin tumpah ruah menyaksikan shalat jenazah hingga proses pemakaman pengasuh Pondok Pesantren Baran, Selopuro tersebut. 

Para peziarah tampak menangis haru sambil mengumandangkan takbir, cuaca mendukung, langit nampak terang benderang.

Diberitakan sebelumnya, Kiai Azizi mengalami kecelakaan di Tol Cipali pada Sabtu (06/05/2023). Kala itu Ia hendak menghadiri forum Bahtsul Masa’il PBNU bersama KH Zahro Wardi, Wakil Rais PCNU Trenggalek di Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam kecelakaan tersebut satu orang dinyatakan meninggal, yaitu Rafi Putra Abdullah yang merupakan sopir pengganti. Sedangkan Kiai Azizi mengalami cedera serius di tangan, lutut, iga, serta paru-paru. Sementara KH Zahro Wardi mengalami gangguan pernapasan.

Sebelumnya, kondisi Kiai Azizi sempat membaik dan bisa makan selepas operasi. Namun, kondisi kesehatan Kiai Azizi kembali menurun pada Senin (15/05/2023). Akhirnya, Kiai Azizi dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung guna mendapat perawatan lebih lanjut.

Dalam penanganan tersebut kondisi kesehatan KH Azizi tak kunjung membaik, hingga dinyatakan wafat pada Ahad, 21/05/2023. Pada pukul 08.00 WIB.

Baca Juga :  Gelar Walimatul Khitan, Warga Blitar Datangkan Habib Ja'far Bin Utsman Al-Jufri