Rehat  

Rawat Budaya Islam, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Gelar Pembelajaran Ilmu Tajwid

Ika Nur Fitriani
IMG 20220630 WA0008

Rawat Budaya Islam, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Gelar Pembelajaran Ilmu Tajwid
Dalam konteks religiusitas, masyarakat Madura dikenal memegang kuat (memedomani) ajaran Islam dalam pola kehidupannya kendati pun menyisakan “dilema,” untuk menyebut adanya deviasi atau kontradiksi antara ajaran Islam (formal dan substantif) dan pola perilaku sosiokultural dalam praksis keberagamaan mereka itu.

Pengakuan bahwa Islam sebagai ajaran formal yang diyakini dan dipedomani dalam kehidupan individual etnik Madura itu ternyata tidak selalu menampakkan linieritas pada sikap, pendirian, dan pola perilaku mereka.

Ilmu Tajwid merupakan salah satu ilmu terpenting yang harus di ketahui setiap muslim. Kemampuan mengaplikasikan bacaan alquran suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang muslim, karena alquran sebagai pedoman hidup manusia.

Saat ini, mungkin hanya sedikit yang paham bagaimana cara membaca alquran secara baik dan benar. Melihat keadaan seperti ini, melalui Pengabdian Masyarakat Kelompok 96 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura melaksanakan pembelajaran ilmu tajwid kepada anak-anak dan remaja yang ada di kelurahan pejagan kecamatan bangkalan kabupaten bangkalan. Dalam pembelajaran ini dilakukan dengan lisan dan praktek. Kegiatan ini dilakukan pada 23 Juni 2022 pukul 18.00 – 19.00.

“Dengan adanya pembelajaran ilmu tajwid ini di harapkan agar para anak-anak dan remaja yang mengikuti kegiatan ini bisa mengaplikasikannya dengan baik,” ujar Athoillah selaku penanggung jawab.

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh para orang tua agar anak-anaknya dapat membaca alquran dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Dinamika Kekerasan Seksual di Masyarakat
Penulis: Annisa Surya AbdiEditor: Ika Nur Fitriani