3 Amalan Utama di Malam Nisfu Sya’ban 

M. Rizal Zunianto
nisfu Sya'ban

Petang ini, Kamis (17/03/2022) sudah memasuki nisfu Sya’ban. Dengan demikian, usai shalat magrib, umat Islam di Tanah Air telah berada di malam nisfu Sya’ban. Dan setidaknya ada 3 (tiga) amalan yang sangat disarankan di waktu istimewa tersebut.

Seperti keterangan dalam media ini bahwa Sya’ban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada bulan tersebut Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa. Hal ini sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. 

Sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya’ban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari). Selain puasa, menghidupkan malam Sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban. 

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban. Seperti, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab doa orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka. 

Setidaknya terdapat 3 amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Sya’ban. Aneka amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki……..

Selengkapnya Kunjungi Sumber : https://jatim.nu.or.id/keislaman/3-amalan-utama-di-malam-nisfu-sya-ban-cboch

Baca Juga :  Zakat Fitrah Melalui Amil atau Panitia Zakat? Berikut Penjelasannya