News  

Blitar Jadoel, Event Bazar Tahunan Kota Blitar Kembali digelar Mulai Hari Ini

Ika Nur Fitriani
blitar jadoel

Blitar, Media NU Blitar

Masyarakat Kota Blitar dan sekitar nya pasti tidak asing dengan istilah “Blitar Jadoel”. Blitar Jadoel sendiri merupakan salah satu event yang paling dinanti – nanti oleh masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya. Pasalnya event yang digelar satu tahun sekali tersebut selalu memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai macam suguhan Blitar tempo dulu yang begitu khas.

Setelah dua tahun vakum karena pandemic Covid-19, Pemerintah Kota Blitar akhirnya kembali menggelar bazar “Blitar Jadoel” dalam rangka memperingati bulan Bung Karno. Kegiatan ini dipusatkan di Aloon-aloon Kota Blitar pada Jumat hingga Selasa (17-21/06/2022) mendatang.

Dilansir dari Instagram resmi milik Pemkot Blitar, “Blitar Jadoel” sendiri merupakan event tahunan yang menyuguhkan nuansa Blitar Tempo Dulu, yaitu dengan latar dan suasana stand bazar yang didekorasi semirip mungkin dengan jaman jadul, seolah masyarakat diajak bernostalgia dan dibawa kembali menikmati suasana kota Blitar tempo dulu.

Konsep tersebut juga sebagai upaya untuk mengenang kembali sejarah dan memaknai perjuangan bangsa dengan tujuan memberikan semangat serta motivasi untuk generasi muda agar mencintai dan menjaga keutuhan bangsa dengan berbagai keragamannya.

Selain itu, Blitar Jadoel menyuguhkan berbagai macam kuliner tradisional khas tempo dulu, yang mungkin saat ini sudah mulai terkikis oleh jajanan cepat saji, seperti Cenil, Rambut Nenek, Gulali, Jamu, dan lain sebagainya.

Sementara, Blitar Jadoel juga menggandeng berbagai macam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), baik dari Blitar maupun luar kota. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan produk UMKM lokal dan mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya wilayah Blitar Raya. Oh iya, setiap stand UMKM terdapat spot foto yang menarik dan tentunya instagramable, sangat cocok untuk muda mudi masa kini.

Baca Juga :  Pesan Ketua LKKNU Blitar Maknai Hari Anak Nasional

Tak hanya itu, di event Blitar Jadoel juga mengagendakan berbagai macam acara, diantaranya “Zona Dome Event” yang di dalamnya terdapat berbagai festival, panggung sendratari, berbagai macam lomba, panggung rakyat dan berbagai acara menarik lainnya

Kegiatan ini terbuka secara gratis untuk masyarakat umum, pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan.

Bagaimana Menurut Kamu, Menarik bukan untuk dikunjungi. Jangan lupa mampir kalau sudah berada di Kota Blitar selagi event masih terbuka hingga saat ini, Jangan lupa mengajak sanak saudara dan tetap patuhi protocol kesehatan ya.

Lokasi “Blitar Jadoel” : Jl. Merdeka, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117