Gebyar Pasar Rakyat, Cara Nahdliyin Blitar Sambut Maulid Nabi dan HSN

Pransiska Anggraeni
pasar rakyat
Pembukaan Gebyar Pasar Rakyat (foto:Media NU Blitar/ Pransiska Anggraeni).

Sutojayan, Media NU Blitar

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP)  Ansor dan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Blitar menggelar Pasar Rakyat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Sabtu-Senin (1-10/10/2022). Kegiatan yang akan digelar 10 hari tersebut dipusatkan di Lapangan Brubuh Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Blitar, Masluchi Saifullah mengatakan, serangkaian kegiatan ini sebagai ikhtiar nahdliyin Blitar dalam menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) serta menggairahkan sektor ekonomi, utamanya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Masyarakat Blitar.

“Maulid Nabi merupakan momentum penuh keberkahan, semoga serangkaian kegiatan ini senantiasa mendapatkan syafaat baginda Rosul, semoga hujan hari ini memberikan isyarat bahwa acara ini penuh keberkahan dan rahmat,” ujarnya.

Resepsi pembukaan Gebyar Pasar Rakyat ditandai dengan sesi mengetuk gong oleh Ketua Muslimat NU Kabupaten Blitar, Masluchi Saifullah dan disaksikan oleh Pemerintah Kabupaten, GP Ansor serta sejumlah badan otonom NU se-Kabupaten Blitar.

Aneka produk lokal  yang dijajakan beraneka ragam, mulai dari kuliner, jajanan, pernak pernik NU, kerajinan, busana  hingga melimpahnya obral buah durian. Rentetan perlombaan serta hiburan  turut memeriahkan kegiatan 10 hari kedepan.

Dalam pantauan Media NU Blitar, puluhan pedagang UMKM yang telah menempati stand bazar, sejumlah pedagang pun didatangkan dari berbagai wilayah di sejumlah kecamatan maupun Kabupaten.

Senada dengan Masluchi Saifullah, Ketua GP Ansor Kabupaten Blitar Hermawan menuturkan, kegiatan ini mengusung tema ke-NUan serta nilai-nilai kebangsaan nusantara.

“Kami berharap kegiatan ini tidak sekedar menyemarakan peringatan Maulid Nabi, tetapi juga dalam upaya mengembangkan UMKM di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Baca Juga :  Sutradara Film Sarung Rilis Lagu di Hari Jadi Kota Blitar ke -116

Dijelaskannya, panggung utama akan diisi berbagai pementasan dari Banom NU setempat, meliputi lomba Mars, parade sholawat, konser musik islami, dan ngaji budaya. Kegiatan akan dipungkasi dengan jalan sehat serta pemberian tropi penghargaan kepada para pemenang lomba.

Sekedar informasi, kabar gembira  bagi penikmat buah durian, pasalnya pada perhelatan tersebut,  Pimpinan Cabang  GP Ansor Kabupaten Blitar menyediakan puluhan stand buah durian yang manis dan murah meriah. Durian tersebut diobral murah meriah, dijajakan mulai dari harga 20.000 hingga 50.000 per buah.

“Acara ini menjadi momentum silaturahmi, dan semoga kita semua senantiasa mendapat syafaat dan keberkahan dari Baginda Nabi Muhammad SAW,” Tandasnya.