News  

Indonesia Hijau Dengan Gerakan Tanam Pohon Dan Sarasehan Sehat

M. Rizal Zunianto
IMG-20220130-WA0010

Konsepan  penemuan terbaru membangun sektor pertanian. Kamis, 27 Januari 2022, Kantor Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan Seminar berjudul “Sarasehan Sehat dan Gerakan Tanam Pohon Indonesia Hijau”.

Kegiatan KKN selesai pada 30 Januari 2022. Penyelenggaraan seperti ini sangat bagus karena masyarakat dapat mengenal teknologi dan metode-metode baru yang diajarkan bahkan praktik juga dilakukan bersama. Program bertemakan “Integrated Farming One Zone, Ten Products – Berbasis desa, TTG, Berbasis Digital”.

Menurut pemateri Seminar, Hanan Lutfi program sebenarnya untuk menghadapi problem besar dunia maupun Indonesia  tiga problem besar yang pertama menghadapi perubahan iklim ekstrim, kedua menghadapi problem krisis pangan, ketiga menghadapi kerusakan krisis pangan dan energi dengan problem besar itu menghadirkan pertanian terpadu konsepnya satu kawasan berbasis desa, tegnologi digital bisa menghadirkan sepuluh produk atau tidak boleh tunggal produk dan harus multi produk.

Konsep pemateri memaparkan peran terhadap kemiskinan dan mensejahterakan petani dan nelayan. Pemateri gabungan integrasi dari sektor-sektor. Sektor gabungan terdiri dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, bahkan perhutanan. Pentingnya konsep didukung dengan pengalaman gabungan sektor-sektor. Poin terpenting yang ingin disampaikan pemateri mengembangkan ekonomi masyarakat luas terutama wilayah Plandirejo.

Persiapan terselengaran agenda panitia “kami melakukan riset pada tanah yang sering kami temui air keluar tiga hari sekali dan kami melaksanakan riset tanaman yang bisa membantu tanah menampung air di daerah tanah bergamping. Pelaksanaan tersebut karena juga ada pengajaran dari kementrian (Pelestarian Lingkungan Hidup) PLH untuk pengetahuan tanaman mengatasi masalah tersebut” ujar hanum selaku panitia pelaksana.

Pelaksanaan sukses terlaksana dan berharap tanaman bisa awet sebagai warisan hasil jerih payah untuk menyukseskan agenda dari gabungan kelompok 11 dan 12 KKN 2022 program yang bermanfaat bagi masyarakat. Program KKN sangat bermanfaat karena pemaparan poin ke tiga Tridarma Perguruan tinggi yang bermaksud pengabdian masyarakat.

Baca Juga :  Melalui Lakmud, Mahasiswa UNU Blitar Diajak Bangga Berproses di IPNU IPPNU

Kepala Desa Plandirejo, Agus Prawito mengatakan “kegiatan pada hari ini kami apresiasi karena sangat menarik sebab banyak audiensi langsung dari peserta sarasehan terhadap narasumber dibidang pertanian dan pemaparan langsung di desa kami.” Kepala desa berharap pertanian meningkatkan ekonomi terutama di desa dan menambah pengetahuan teknologi maupun keahlian teknologi dalam pertanian pada zaman modern.

Kesan dari warga sangat baik karena sudah membantu desa khususnya zaman perekonomian modern. Kegiatan lancar terlaksana dengan baik dari sesi materi sampai praktik dan di lanjut foto bersama. Pelaksanaan diakhiri salaman ucap terimakasih kepada para panitia, pemateri, dan warga Desa Plandirejo.