Sambut Bulan Puasa, PC IPNU IPPNU Kabupaten Blitar Gelar Megengan dan Ziarah Kubur

Ika Nur Fitriani
bulan Puasa
Makam KH. Dimyati Dsn. Kasim, Ds. Ploso, Kec. Selopuro

Kanigoro, Media NU Blitar

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar menggelar Megengan dan Ziarah Kubur ke makam alumni. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan puasa 1443 Hijriah, Kamis(31/03/2022).

Dengan titik kumpul di Graha NU, rombongan akan menuju ke makam Rekan Aminuddin, Ketua PC IPNU ke-6 Garum, makam KH. Sholeh dan Rekan Sulaiman Hasan, Ketua PC IPNU ke-3 Kanigoro, dilanjut ke makam Kiai Ma’ana dan Rekan Drs.H.Munawir, Ketua PC IPNU Ke-7 & 8 Talun, dan terakhir di makam KH. Dimyati Selopuro.

Muhammad Malik Amiruddin, Wakil Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar mengungkapkan kegiatan ini diikuti Pelajar NU se-Kabupaten Blitar dan juga melibatkan beberapa Alumni IPNU IPPNU dari masa ke masa. Selain itu, adanya kegiatan ini juga sebagai wujud suka cita Pelajar NU dalam menyambut bulan puasa tahun ini.

IMG 20220331 WA0023 2 min

“Selain melestarikan tradisi NU, ziarah ini juga untuk mengenang perjuangan Alumni IPNU IPPNU terdahulu, agar Pelajar NU saat ini juga mengenal serta meneladani perjuangan beliau. Selain itu juga menambah semangat serta motivasi untuk kepengurusan saat ini,” jelas Malik.

Sementara itu, kegiatan ini juga mengambil tema ‘Megengan’ yang merupakan tradisi umat muslim di jawa untuk menyambut bulan puasa. Disisi lain megengan memiliki makna menahan, dengan harapan selama bulan puasa ini Pelajar NU tidak hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menahan hawa nafsu serta amarahnya.

“Karena jika bukan IPNU IPPNU, siapa lagi yang akan menjaga tradisi ahlussunnah wal jamaah annahdliyah?” tambah Malik.

PC IPNU IPPNU berharap, dengan adanya kegiatan ini dan wasilah ulama serta alumni IPNU IPPNU Pelajar NU Kabupaten Blitar mendapatkan barokah serta karomah dari beliau.

Baca Juga :  Gebyar Pasar Rakyat, Cara Nahdliyin Blitar Sambut Maulid Nabi dan HSN